Home » Tips dan Trik » Tips Mengoptimalkan Penggunaan RAM Pada Android Anda

tips mengoptimalkan ram 1 OKHandphone android memiliki cara kerja yang mirip dengan komputer atau laptop, saat smartphone android tidak aktif maka android tersebut akan menggunakan RAM dalam aktivitasnya, jika aktivitas berlebihan maka RAM android akan cepat penuh sehingga akan menganggu performa dari smartphone anda.

 Ada banyak hal yang membuat RAM android anda cepat penuh. Salah satu penyebabnya adalah multitasking berlebihan, misalnya mendengarkan musik sambil mengoperasikan beberapa macam aplikasi. Hal ini lah yang membuat RAM cepat penuh. Bagi smartphone yang mempunyai RAM berukuran cukup besar mungkin hal ini tidak menjadi masalah berarti, namun bagi yang mempunyai RAM berukuran kecil ini jelas akan menjadi masalah. RAM android yang penuh akan memberikan efek pada lambatnya kinerja smartphone anda dan mengakibatkan lag saat membuka aplikasi.

 tips mengoptimalkan ram 2 OK

Ada beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan RAM android agar lebih efisien dan tidak menganggu performa android anda, diantaranya:

  1. Matikan Koneksi Nirkabel

Koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan bluetooth secara berkala akan melakukan scanning koneksi yang tersedia, proses ini lumayan akan memakan RAM. Oleh karena itu koneksi ini lebih baik dimatikan jika anda tidak menggunakannya.

  1. Matikan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Tips lainnya adalah dengan cara mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan. Caranya dengan masuk ke setting, buka Apps, lalu pilih running. Di sana anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mematikannya cukup buka kemudian klik stop.

  1. Meminimalisir Penggunaan Widget

Meskipun widget dapat membuat home screen android anda menjadi indah namun dibalik itu widget-widget tersebut sangat rakus akan memori dan akan menyebabkan android anda menjadi lambat. Bahkan beberapa widget melakukan update melalui internet tiap menitnya, yang tentu saja akan akan memakan kapasitas RAM dan juga baterai anda. Oleh karena itu ada baiknya anda menghapus widget yang jarang atau bahkan tidak diperlukan, terutama untuk android yang memiliki kapasitas RAM kecil.

  1. Buang Aplikasi Sampah

Android merupakan gudangnya aplikasi dan permainan gratis. Banyak barang gratisan ini membuat anda tergiur untuk mengunduhnya. Padahal tidak semua aplikasi dan game yang kita unduh adalah aplikasi yang sering kita gunakan atau butuhkan, sehingga akibatnya hanya akan membebani memory. Cobalah untuk melakukan audit aplikasi atau game yang jarang kita pakai atau gunakan. Dan optimalkan kerja RAM dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

  1. Gunakan Aplikasi RAM Manager

RAM manager tersedia dalam versi gratisan dan pro. Aplikasi ini berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk menajemen RAM android sesuai dengan kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, multitasking mode untuk multitasking berat, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari dan juga mode hard gaming untuk penggunaan game-game yang berat.

Itulah beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat untuk anda

Tips Mengoptimalkan Penggunaan RAM Pada Android Anda

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply