Home » Tips dan Trik » Tips Mengamankan Android dari Aplikasi Berbahaya

Aplikasi Android Berbahaya

Android dari hari ke hari semakin merajai pasar gadget. Bersama dengan diluncurkannya system operasi untuk gedget ini, banyak pula diluncurkan aplikasi-aplikasi pendukung di pasar android. Semakin merebaknya aplikasi di android ini tentu saja membuat para penjahat cyber untuk melancarkan aksinya yaitu dengan menciptakan aplikasi-aplikasi yang bisa membahayakan ponsel anda, baik itu aplikasi untuk menyadap data maupun aplikasi yang mengandung malware sehingga ketika anda menginstalkannya di smartphone anda, bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan pada perangkat tersebut. Berikut ini merupakan tips untuk mengamankan android anda dari aplikasi-aplikasi berbahaya.

Aplikasi Android Berbahaya 2

  • Yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi hanya dari pasar android resmi. Anda bisa mengunduhnya di google play store, amazon atau di pasar aplikasi dari vendor yang anda gunakan.
  • Waspadalah terhadap aplikasi spamming. Meskipun anda mengunduhnya dari tempat yang telah dipercaya namun anda harus tetap berhati-hati. Salah satu contoh dari aplikasi spamming yang tersebar di pasar aplikasi android adalah blackberry for android yang dipasarkan tahun 2013 lalu. Setelah diunduh, ternyata aplikasi tersebut hanyalah aplikasi spamming. Untuk mengatasi hal ini, bacalah terlebih dahulu review yang ada untuk aplikasi yang akan anda download. Lihat pula dengan seksama perusahaan mana yang meluncurkan aplikasi tersebut. Hal ini penting untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada smartphone anda.
  • Waspada pada aplikasi palsu atau bajakan. Selain aplikasi spamming, terdapat pula aplikasi palsu atau bajakan yang dibuat oleh para penjahat cyber. Biasanya aplikasi ini tersebar pada sumber atau pasar aplikasi yang tidak jelas. Aplikasi palsu ini sangat berbahaya bagi perangkat android.
  • Perhatikan pengauran untuk memverifikasi aplikasi yang akan diinstal. Pada gadget android dengan tipe 4.1 ke atas, telah ada pengaturan untuk memverifikasi aplikasi. Caranya yaitu dengan memasuki setting, security lalu verify apps. Pengaturan ini akan memindai setiap aplikasi yang akan anda instalkan. Jika aplikasi tersebut terlihat berbahaya, maka akan ada warning untuk anda.
  • Update terus aplikasi anda. Salah satu fasilitas yang sangat berguna pada gadget android adalah adanya fitur automatic sync yang akan terus bekerja mencari update terbaru dari aplikasi yang anda pakai. Jika anda menerima pemberitahuan bahwa telah ada update untuk aplikasi anda, maka segeralah lakukan updating. Hal ini akan melindungi gadget anda dari serangan malware atau pembajakan karena updating akan meningkatkan performa serta meningkatkan keamanan aplikasi tersebut.
  • Tips terakhir untuk mencegah gadget anda dari serangan aplikasi yang berbahaya adalah dengan menginstalkan antivirus. Terdapat banyak antivirus yang ada di pasar aplikasi android. Perusahaan-perusahaan antivirus seperti AVG, Avast, Kaspersky, dan lain-lain telah meuncurkan antivirus untuk perangkat android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini. Selain perusahaan lama, ada pula antivirus baru yang bisa anda instal yaitu TrustGo dan Lookout. Meskipun terbilang baru, namun antivirus tersebut telah lolos tes keamanan AV-test pada tahun 2013 lalu.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply