Home » Tips dan Trik » Tips Memilih Aplikasi Bagi Pengguna Android Pemula

Di jaman teknologi yang begitu pesat seperti saat ini semakin banyak orang yang menggunakan Smartphone atau PC tablet yang berbasis sistem Android untuk kegiatan sehari-hari. Setiap harinya semakin banyak para pengguna baru smartphone yang bermunculan. Dari berbagai analisis yang dipaparkan penggunaan android ada beberapa fungsi mulai dari membantu kegiatan kita sehari-hari, sekedar sebagai alat atau sarana komunikasi, sarana hiburan (karena banyak fitur game dan didukung dengan internet yang cepat), namun tidak sedikit juga android digunakan untuk meningkatkan status sosial seseorang di masyarakat.

 Tablet PC with cloud of application icons

Teruntuk para punggawa baru yang menggunakan smartphone berbasis Android biasanya sangat senang sekali mengunduh berbagai macam fitur yang ditawarkan melalui Google Play Store. Memang sejatinya pada gadget-gadget android banyak sekali aplikasi dan fitur yang ditawarkan bahkan dengan cara gratis, namun bila anda tidak hati-hati maka hal tersebut akan membawa anda pada kesusahan di masa akan datang karena ternyata tidak sedikit aplikasi “jahat” yang berjalan tidak semestinya. Bahkan aplikasi-aplikasi tertentu dapat mencuri data pribadi kita yang disimpan di dalam ponsel kesayangan kita itu. Program atau aplikasi jahat tersebut biasanya diantisipasi dengan memasang anti virus. Namun sayangnya tidak sedikit pula aplikasi yang memiliki program jahat atau malware yang lolos dari pantauan atau scan antivirus yang kita pasang. Oleh karena itu sebagai pemilik gadget harus berhati-hati dalam memilih dan menginstal aplikasi, terutama para pengguna smartphone yang masih baru atau awam.

Tips Memilih Aplikasi - 1

Beberapa program atau aplikasi mungkin terlihat menarik jika kita melihat dari overview atau deskripsinya. Namun kadang ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan atau beroperasi sesuai dengan deskripinya, maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih aplikasi yang baik dan aman.

  • Untuk anda para pengguna Android pasti sudah mengetahui situs resmi untuk mendownload aplikasi adalah Google Play Store, namun kami mengingatkan bahwa beberapa aplikasi kadang tersedia program-program atau aplikasi jahat, karena pembuat aplikasi atau program tersebut bukanlah dari pihak google, google hanya mengakuisisinya saja.
  • Sebelum anda mendownload aplikasi, ada baiknya anda membaca overview atau deskripsi dari aplikasi tersebut untuk melihat fitur-fitur yang ditawarkan.
  • Setelah melihat dan mempelajari overview dan deskripsi bacalah user permision atau ijin yang muncul ketika anda ingin menginstal. Hal ini harus diperhatikan dengan baik dan seksama, karena jika aplikasi meminta akses yang tidak wajar atau tidak sesuai dengan fitur yang ditawarkan, sebaiknya anda membatalkan untuk menginstal aplikasi tersebut. Karena bisa saja aplikasi tersebut mengandung virus atau program jahat. Virus tersebut bermacam-macam jenisnya. Ada virus yang mengontrol device anda lalu mengirimkan sms ke kontak anda tanpa pengetahuan anda hingga virus berbahaya yang memata-matai device anda yang sering disebut spyware (dapat mencuri data pribadi anda seperti e-mail, informasi log aplikasi tertentu yang sangat berbahaya, terutama bila anda sering menggunakan device untuk mobile banking karena potensi membocorkan informasi rekening anda bisa bocor)
  • Jika anda masih meragukannya maka bacalah user reviewnya. Tetapi jangan sampai tertipu oleh user review tersebut. Jika komentar menunjukan poin positif pastikan hal tersebut berasal dari orang yang berbeda.

Semoga menjadi informasi yang berharga dan membuat anda menjadi lebih hati-hati lagi.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply