Home » Tips dan Trik » Tips Agar Android Murah Anda Awet dan Tidak Lemot

tips merawat androidApakah anda baru memiliki Android? Jika iya, tentu anda masih bingung dan belum begitu mengerti apa itu android, bagaimana menggunakannya dan bagaimana merawatnya. Saat ini, handphone android dapat anda miliki dengan harga murah, akan tetapi bukan barang murahan.

Android dirancang dengan berbagai modifikasi menjadi beberapa spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong penggunanya. Semua produk gadget yang memakai platform android masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Android adalah sistem operasi khusus untuk smartphone dan komputer table yang berbasis Linux. Jika android yang anda miliki berharga murah, tentu akan memiliki banyak masalah jika cara pemakaian anda tidak berhati-hati.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah kapasitas ram smartphone anda. Jika kapasitas ram anda hanya 0,5 giga, hendaknya jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi. Terutama aplikasi chat dan media sosial. Beberapa contoh misalnya adalah facebook, instagram, path, kakao talk, line dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut memerlukan memori dalam jumlah besar.

Selain itu, aplikasi tersebut selalu berjalan di latar belakang sehingga meskipun aplikasi ditutup tetapi notifikasi akan tetap muncul jika ada pemberitahuan. Jika anda terlalu banyak menggunakan aplikasi media sosial ini, maka akan menyebabkan smartphone anda menjadi lemot karena semua aplikasi berjalan bersamaan. Anda dapat menggunakan aplikasi Task Kill Manager untuk membunuh atau membuang aplikasi yang sedang berjalan namun tidak anda ketahui. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

tips agar android anda awet

Agar android anda tidak lemot, maka perhatikan juga memory card. Memory card merupakan sejenis media berbentuk kartu untuk menyimpan semua data, misalnya foto, video, music dan lain-lain. Bila kapasitas memory card anda sudah habis terpakai oleh semua data yang anda simpan akan menyebabkan android anda lemot. Jika memory telah menandakan telah terisi penuh, maka hendaknya anda memindahkan data tersebut pada media yang lain, misalnya flash disk, komputer atau laptop.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ketahanan baterai. Ketahanan baterai android berbeda dengan handphone biasa. Jika anda biasa mengisi daya handphone biasa paling tidak dua hari sekali, maka anda jangan kaget bila anda harus mengisi daya baterai android anda 2-3 kali dalam sehari. Biasanya android yang harganya murah memiliki ketahanan baterai yang rendah. Oleh karena itu anda harus sering mengisi daya baterai anda. Borosnya baterai pada android disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan meskipun gadget dalam posisi sedang tidak digunakan.

Semakin banyak aplikasi yang anda gunakan maka akan semakin cepat daya baterai akan habis. Untuk menghindari hal itu terjadi, anda dapat mengurangi jumlah aplikasi pada android anda. gunakan aplikasi yang memang sekiranya penting bagi anda. Jika anda terpaksa menggunakan aplikasi yang banyak, anda dapat menggunakan powerbank sebagai cadangan daya baterai anda. Usahakan jangan sampai daya baterai mencapai 0 % dan sesekali biarkan android anda beristirahat.

Tips Agar Android Murah Anda Awet dan Tidak Lemot

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply