Home » Tips dan Trik » Persiapan Sebelum Upgrade OS Android Terbaru

 

OS Android terbaru versi 4. 4 ataupun KitKat sudah di luncurkan Google pada Oktober tahun lalu. Tetapi, nyatanya penyebaran KitKat belum seperti yang diinginkan.  Suatu survey yang dikerjakan beberapa waktu terakhir mengutarakan bahwasanya pemakai KitKat masih kurang dari 2 % populasi Android. Data yang di ambil dari situs resmi Developer Android mengungkap, pemakai KitKat baru sejumlah 1, 8 %. Pada Januari lalu, pemakai KitKat terdaftar 1, 4 %.

Sementara system operasi Android yang paling banyak dipakai yaitu Jelly Bean (4. 1 – 4. 3), sebesar lebih kurang 60 %. Gingerbread menjadi di urutan kedua dengan persentase 20 % diikuti oleh Android versi Ice Krim Sandwich dengan capaian sebesar 16, 1 %.

Data itu dihimpun dari aplikasi Google Play Store yang terbaru, dimana cuma mensupport Android 2. 2 ke atas. Perangkat yang memakai Android versi lebih lama, dimulai dari versus 2. 2 tak terdata.

Dari data itu, dapat diambil kesimpulan bahwasanya KitKat baru diadopsi oleh deretan lini smartphone Google Nexus serta perangkat Motorola saja. Sementara itu, vendor-vendor lain masih dalam sistem upgrade ataupun membuat perangkat KitKat baru.

 

Upgrade Android

Upgrade Android

 

Untuk melakukan upgrade, diambil dari The Next Situs, Minggu (5/2/2014), pabrikan smartphone perlu melakukan sistem koordinasi yang panjang, baik dengan Google ataupun operator. Hal itulah yang mengakibatkan prosesnya menjadi lama.

Kondisi itu berbeda dengan system operasi iOS punya Apple yang dapat dikerjakan dengan cepat. Sebagai perbandingan, iOS 7 di luncurkan pada September lalu dan sudah digunakan 64 % pemakai iPhone dalam satu bulan saja.

Upgrade firmware Android biasanya akan disiapkan dua langkah yakni lewat OTA (Over The Air) ataupun lewat aplikasi pihak ketiga dengan langkah mengunduh lalu menginstallnya di perangkat smartphone, namun khusus untuk smartphone garapan Samsung dapat memakai Kies.

 

Barangkali ada yang bertanya apa keuntungan apabila up-date android dikerjakan lewat OTA dibanding aplikasi pihak ketiga, umpamanya Kies punya Samsung?

 

Yah apabila itu pertanyaannya, barangkali jawaban yang dapat kami berikan salah satunya adalah :

 

  • Apabila melakukan up-date lewat OTA, File firmware yang di unduh tambah lebih kecil dibanding apabila melakukan up-date dengan aplikasi Kies, sehingga mungkin saja menjadi alternatif untuk menghemat kuota Internet.
  • Hasil dari up-date lewat OTA umumnya tambah lebih stabil dikarenakan firmware yang di unduh dan install sudah menjadi versi pembaruan resmi dari vendor smartpone itu.
  • Up-date lewat OTA tambah lebih gampang dikarenakan cuma memerlukan paket data dan koneksi Internet stabil saja, dalam hal semacam ini tak usah memakai PC/Laptop untuk sistem updatenya.
  • Untuk pemakai smartphone yang memakai system operasi Android dan mau mencoba melakukan sendiri upgrade lewat OTA (Over The Air), berikut langkah-langkahnya :

 

Persiapan Upgrade

 

  • Yakinkan bahwa smartphone dalam keadaan terkoneksi dengan Internet, terserah ingin pakai WiFi ataupun operator celullar.
  • Yakinkan bahwa koneksi Internet dalam keadaan Stabil, dan ingatlah apabila Anda merencanakan melakukan up-date lewat koneksi Internet dari operator cellular, paket data Internet sudah memenuhi (bergantung ukuran size file firmware yang akan diunduh). Dari pengalaman penulis, umumnya file up-date cuma memiliki ukuran tertinggi 50MB.
  • Terakhir, Yakinkan bahwa Baterai sudah terisi penuh.

 

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan mengenai OS Android terbaru. Semoga berguna bagi Anda pengguna gadget Android.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply