Home » Tips dan Trik » Cara Menghindari Kegagalan pada saat Mengupgrade Android

upgrading android 1 OK.JPG

Tidak semua smartphone atau gadget android memiliki versi android yang sama. Beberapa smartphone keluaran lama misalnya, hanya dibekali oleh versi gingerbread atau ice cream sebagai os originalnya. Versi ini tentu saja berbeda dengan jelly bean yang mempunyai sistem kerja, performa serta tampilan yang lebih canggih. Bahkan ada pula beberapa aplikasi yang tidak bisa diinstalkan pada android gingerbread. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih untuk mengupgrade smartphone mereka menjadi jelly bean atau minimal ice cream sandwich. Mengupgrade android bisa dilakukan di konter-konter, gerai-gerai resmi milik vendor, ataupun dilakukan sendiri.

 upgrading android 2 OK.JPG

Mengupgrade smartphone android ini bukannya tanpa resiko. Pada saat proses upgrading dilakukan, bisa saja proses tersebut terhenti karena berbagai penyebab. Jika anda melakukan upgrading di konter atau gerai resmi, anda tidak perlu khawatir karena proses akan dilakukan oleh professional dan jika terjadi kegagalan, tentu saja mereka akan bertanggung jawab. Namun, jika anda melakukannya sendiri, anda harus berhati-hati terhadap kegagalan tersebut karena bisa berakibat fatal. Contoh kegagalan upgrading yaitu:

  • Smartphone anda bisa saja mengalami kerusakan pada ic flash, wifi, hardware, dan lain-lain.
  • Ada pula smartphone yang telah diupgrade menjadi hang atau mengalami bootloop.
  • Kegagalan yang paling parah adalah ketika smartphone menjadi mati total atau bricked. Maka dari itu, jika anda belum yakin, lebih baik mengupgrade di konter atau di vendor smartphone supaya smartphone anda aman.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya:

  • Pada saat mengupgrade android, kegagalan pertama bisa disebabkan karena anda mungkin lupa untuk mengaktifkan mode ‘USB Debugging’ pada android anda. Jika proses upgrading menggunakan laptop dengan aplikasi ODIN atau lainnya, maka pastikan anda mengatur mode tersebut. Caranya mudah sekali, anda tinggal mengaktifkan menu debugging di menu setting.
  • Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa anda telah menginstal driver USB smartphone anda pada laptop atau computer. Hal ini supaya laptop dapat mengenali smartphone anda.
  • Kegagalan lain yang sering terjadi juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada tahap recovery mode. Saat memasuki tahap ini, pastikan setiap langkah yang anda lakukan benar-benar sesuai petunjuk. Misalnya jika anda mengupgrade Samsung galaxy tab, untuk masuk ke tahap ini, anda haru menekan serta menahannya beberapa saat tombol power dan volume up secara bersamaan. Ketika logo Samsung mulai muncul, lepaskanlah tombol power namun tombol volume up harus tetap ditekan hingga terlihat recovery mode. Cara recovery mode setiap smartphone tentu saja berbeda-beda. Anda harus jeli memperhatikan dan mengikuti perintah untuk menghindari kegagalan upgrading.
  • Selain disebabkan oleh proses-proses selama upgrading, sebenarnya kegagalan juga bisa disebabkan karena file yang corrupt. Ketika anda mendownload file update, pastikan anda mendownloadnya dengan sempurna. Jika tidak, proses upgrading tentu saja akan megalami kegagalan.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply