Home » Tips dan Trik » Beberapa Tips untuk Menghemat Baterai Android

Menghemat Baterai Android

Gadget android memang begitu menggiurkan dengan segala fitur serta penawaran-penawaran canggih lainnya. Dengan ponsel android, anda bisa menginstalkan berbagai macam aplikasi serta game yang menarik. Semakin banyak aplikasi yang diinstallkan, maka akan semakin boros penggunaan data dan baterai hp. Untuk baterai sendiri, anda jangan heran jika hp anda harus sering dicharge. Hal ini bukan karena hp anda telah rusak, namun karena banyaknya aplikasi yang digunakan. Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat penggunaan daya pada ponsel android baik dengan memanfaatkan fitur smartphone itu sendiri maupun dengan aplikasi pengirit baterai.

  • Untuk menghemat baterai, ketika anda berada pada area hotspot, sebaiknya anda mematikan paket data anda. Sinyal yang tidak stabil pada ponsel anda bisa membuatnya bekerja ekstra untuk mencari sinyal. Jadi, kapanpun anda berada si lokasi yang menyediakan hotspot seperti area kantor, kampus atau tempat lain, matikan segera paket data anda. Selain menghemat baterai, hal ini tentu saja akan menghemat data anda. Selain menghemat, biasanya wifi bekerja lebih cepat daripada paket data. Jadi ketika menggunakan wifi, keuntungan lain adalah anda tidak akan mengalami loading yang menjengkelkan.
  • Hal lain yang bisa dilakukan yaitu mematikan wifi. Jangan lupa, setelah selesai menggunakan wifi, matikan segera wifi anda dan aktifkan kembali paket data. Jika anda lupa mematikannya, maka ponsel akan terus bekerja mencari sinyal wifi. Hal ini akan membuat baterai habis lebih cepat.
  • Selain wifi, fasilitas lain pun ketika tidak gunakan harus segera dinon-aktifkan, misalnya Bluetooth dan GPS. Jika anda tidak hendak bepergian ke tempat yang jauh, maka sebaiknya matikan fasilitas GPS. Aktifkan GPS hanya ketika anda berada di tempat yang baru atau anda tersesat tidak mengetahui arah.

Menghemat Baterai Android 2

  • Mematikan fitur automatic sync juga bisa membantu ada menghemat baterai hp. Namun, resikonya adalah anda tidak akan menerima notifikasi seperti notifikasi untuk mengupdate dari beberapa aplikasi. Jika anda merasa tidak membutuhkan notifikasi tersebut, anda bisa mematikan fitur ini. Untuk melihat apakah ada update terbaru atau tidak, anda bisa melihatnya langsung dari aplikasi yang ingin anda update tersebut.
  • Selain itu, mengurangi brightness layar pun bisa menghemat baterai ponsel anda. Jika hampir semua aktifitas anda berada di dalam ruangan dengan tingkat cahaya yang wajar, anda bisa meminimalkan brightess pada ponsel anda. Ketika berada di luar ruangan dengan cahaya matahari yang begitu terang, barulah anda tingkatkan tingkat brightness ponsel. Hal ini akan sangat menghemat penggunaan daya pada android.
  • Selain itu, menggunakan wallpaper yang sederhana pun bisa menghemat baterai ponsel.
  • Jika anda ingin lebih hemat lagi, anda bisa mendownload beberapa aplikasi penghemat baterai di android market, misalnya aplikasi Baterai Dr. Saver, DU battery saver, dan lain-lain.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply