Home » Tips dan Trik » 7 Tips Agar Data di Gadget Android Anda Aman

Tips Amankan Android-1

Sebagai pengguna perangkat android, anda haruslah berhati-hati dalam menggunakan gadget. Jika sembarangan menginstal aplikasi atau lupa tidak mengamankan ponsel, bisa-bisa anda menjadi salah satu korban pencurian data yang dilakukan para penjahat cyber di dunia maya. Tindakan kejahatan tersebut tentu saja sangat merugikan karena orang lain bisa memanfaatkan data yang ada pada gadget anda untuk tujuan yang tidak baik. Sebagai pengguna android, sudah seharusnya anda melakukan pencegahan agar data anda aman tersimpan dalam gadget anda. Inilah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah pencurian data pada perangkat android.

Tips Amankan Android-2

  1. Yang pertama adalah berhati-hati ketika hendak meminjamkan perangkat android pada orang lain. Meskipun si peminjam merupakan orang terdekat anda, namun kejahatan bisa saja ia lakukan tanpa kita tahu. Gadget terutama ponsel merupakan barang pribadi yang sewajarnya menjadi milik anda sendiri tanpa bisa diakses oleh orang lain. Namun jikalau anda terpaksa harus meminjamkan gadget anda, usahakan kegiatan yang dilakukan si peminjam selalu berada dalam pengawasan anda.
  2. Selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur pengaman pada ponsel anda. Anda bisa melindungi ponsel dengan kata sandi, retina, deteksi wajah, sidik jari, dan lain-lain. Biasanya fitur pengaman yang ada pada gadget memang sederhana seperti sandi, gambar pattern atau pendeteksi wajah. Jika anda ingin yang lebih canggih, anda bisa mendownload apikasi tambahan.
  3. Di dalam ponsel pasti ada banyak password yang digunakan, baik itu password email, akun social, dan sebagainya. Untuk mengamankan semua password yang ada dalam perangkat android, anda bisa menginstal aplikasi password keeper. Meskipun tidak semua tipe android cocok untuk menginstal aplikasi tersebut, namun tidak ada salahnya anda mencobanya. Aplikasi tersebut akan mengamankan semua password yang ada dalam ponsel anda sehingga tidak akan mudah ditembus oleh orang lain.
  4. Berhati-hatilah ketika anda hendak menginstalkan aplikasi pada perangkat android. Aplikasi yang sembarangan bisa saja mengandung sisipan yang bisa mencuri data anda secara tidak anda sadari. Maka, download dan installah aplikasi dari sumber yang terpercaya.
  5. Selalu mematikan perangkat Bluetooth jika tidak digunakan. Bluetooth yang aktif akan memudahkan akses orang lain untuk mencuri data anda. Hacking serta pencurian data sangat mudah dilakukan melalui Bluetooth yang aktif.
  6. Selalu membersihkan memori ponsel seperti cache setelah browsing. History ini pun ternyata bisa membuat orang memasuki perangkat anda dengan mudah.
  7. Selain cara-cara manual diatas, anda pun bisa melakukan langkah pengamanan lain yaitu dengan mengunduh sebuah aplikasi yang memang sengaja dibuat untuk mengamankan data dalam perangkat android agar terhindar dari pencurian. Sebuah aplikasi bernama no root firewall telah diluncurkan dan bisa anda download melalui google play store. Aplikasi tersebut akan memindai aplikasi mana yang aman untuk online dan tidak. Selain itu, no root firewall pun akan mengirimkan warning jika ada yang hendak mencuri data anda.

No comments yet, be the first to leave a reply!

Leave a Reply